Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setan Menjerumuskan Mahir Ibadah Itu Dengan Wanita



Wanita yaitu komplemen dunia yang sangat indah di mata laki-laki. Saking indahnya banyak pria yang terpedaya, ketika perempuan berhasil dijadikan anak panah oleh Setan untuk menargetkan sasarannya sekalipun ia seorang yang shalih. Bagaimana seorang yang shalih yang hebat ibadah sanggup tertipu oleh tipu daya Setan hanya dengan wanita? Padahal ia orang yang sering berdzikir kepada Allah.

Sa'id bin Al-Musayyab radhiyallahu anhu pernah berkata, "Tidaklah Allah mengutus seorang nabi, melainkan beliau tidak merasa kondusif dari gangguan Iblis, yang merusaknya melalui mediator seorang wanita."

Dan dari hasan bin Shalih, beliau berkata, "Aku pernah mendengar setan berkata kepada wanita, "Engkau yaitu separuh pasukanku, engkau yaitu anak panah yang kuluncurkan dan saya tidak pernah salah sasaran. Engkau yaitu penyimpan rahasiaku dan engkau yaitu utusanku bila saya membutuhkan."

Kisah ini diriwayatkan dari Wahb bin Munabbih radhiyallahu 'anhu. Ada spesialis ibadah di kalangan bani israel. Dia yaitu orang yang paling tekun beribadah pada zamannya. Pada dikala itu ada tiga orang laki laki bersaudara yang mempunyai satu saudari lagi, seorang gadis. Ketika mereka hendak pergi untuk ikut dalam perngiriman satuan pasukan, mereka tidak tahu siapa yang akan menjaga dan melindungi saudari mereka, dan kepada siapa beliau akan dititipkan. Maka mereka setuju untuk menitipkan saudari mereka kepada laki laki hebat ibadah di kalangan Bani Israel. Dengan penuh keyakinan mereka mendatangi hebat ibadah itu dan memintanya untuk sudi dititipi saudari mereka, yang berarti saudari mereka itu harus menetap di daerah hebat ibadah dan dalam lindungannya sampai mereka kembali dari peperangan. Namun hebat ibadah menolak undangan mereka dan beliau berlindung kepada Allah dari keberadaan saudari mereka. Mereka terus mendesak hebat ibadah itu sampai balasannya beliau berkenan. Ahli ibadah itu berkata, "Suruhlah beliau menginap di sebuah bilik di lantai bawah biaraku."

Maka mereka menempatkan saudarinya di bilik yang dimaksudkan kemudian mereka meninggalkannya. Dengan begitu, gadis tersebut berada di daerah hebat ibadah untuk sekian lama, yang selama itu pula hebat ibadah turun dari biaranya untuk memperlihatkan masakan kepada sang gadis. Dia meletakkan masakan di erat pintu biara, kemudian menutupnya kembali kemudian naik ke lantai atas dalam biaranya. Setelah itu sang gadis keluar dari biliknya untuk mengambil masakan yang sudah diletakkan hebat ibadah.

Setan cukup sabar menghadapi hebat ibadah itu dan senantiasa membuatnya bahagia melaksanakan kebaikan, sambil membesar besarkan dilema bila gadis itu keluar pada siang hari dan menakut nakutinya andaikan ada orang lain yang melihat keberadaan gadis itu di biaranya. Maka setan menambahi tipu muslihatnya dengan berkata, "Andaikan engkau mau berjalan ketika membawa makanannya , kemudian engkau meletakkannya didepan biliknya, tentu pahalamu semakin bertambah besar."

Setan terus menerus membujuknya sampai beliau mau berjalan mendekati bilik gadis dan meletakkan makanannya di depan pintunya, tanpa berbicara sedikitpun. Hal ini terjadi sampai beberapa lama.

Kemudian Iblis mendatangi hebat ibadah dan menganjurkannya kepada suatu kebaikan, seraya berkata, "Andaikata engkau mau berjalan membawa makanannya dan meletakannya di dalam biliknya, tentu pahalamu semakin besar." Iblis senantiasa membujuk hebat ibadah sampai beliau mau berjalan membawa makanannya dan meletakkannya di dalam bilik sang gadis. Hal ini terjadi sampai beberapa lama.

Iblis menyuruh hebat ibadah kepada kebaikan dan menganjurkannya, seraya berkata, "Andaikata engkau mau berbicara dan mengobrol dengannya, tentu engkau akan sanggup menjaganya, alasannya yaitu beliau sanggup saja dimangsa hewan buas." Iblis senantiasa membujuknya, sampai hebat ibadah itu mau berbincang bincang dengan sang gadis dari atas lantai di atas biaranya sampai beberapa lama.

Setelah itu Iblis mendatangi hebat ibadah dan berkata membujuknya, "Andaikata engkau mau turun ke biliknya, duduk di depan pintu biaramu dan mengajaknya berbincang bincang denganmu, tentu hal itu lebih beliau sukai." Iblis senantiasa membujuknya sampai hebat ibadah mau duduk di depan pintu biaranya dan keduanya berbincang bincang. Hal ini terjadi sampai beberapa lama.

Iblis mendatangi hebat ibadah dan mengajurkan sesuatu yang selayaknya ia lakukan. Iblis berkata, "Andaikata engkau keluar dari biaramu dan duduk di erat pintu biliknya, kemudian engkau berbincang bincang dengannya, tentu lebih menyenangkan hatinya. Iblis senantiasa membujuk hebat ibadah sampai balasannya beliau benar-benar melaksanakannya. Hal ini terjadi sampai beberapa lama.

Iblis mendatangi hebat ibadah lagi dan memberinya tawaran perihal pahala yang akan diperolehnya di sisi Allah bila beliau mau mengerjakannya. Iblis berkata, "Andaikan saja engkau mau keluar dari biaramu dan duduk lebih erat lagi ke pintu bilik si gadis itu serta berbincang bincang dengannya tanpa perlu keluar dari sana." Ahli ibadah melaksanakan tawaran Iblis ini dan hal ini berjalan sampai beberapa lama.

Kemudian Iblis mendatangi hebat ibadah dan berkata, "Andaikata engkau mau masuk ke dalam bilik gadis itu, berbincang bincang dengannya dan tanpa diketahui seorang pun, maka hal ini tentu lebih baik bagimu." Maka sehari penuh hebat ibadah menemani sang gadis di dalam biliknya. Ketika hari sudah senja, beliau keluar dan naik ke lantai atas dari biaranya

Iblis mendatangi hebat ibadah dan terus menerus membujuknya, sampai beliau berani memegang paha sang gadis dan memeluknya. Iblis terus memperdaya hebat ibadah dengan membisikkan bahwa hal itu merupakan kebaikan, sampai balasannya beliau menyetubuhinya dan gadis itu pun hamil. Ketika tiba saatnya, gadis itu melahirkan seorang bayi. Iblis mendatangi hebat ibadah seraya berkata, "Apa pendapatmu bila saudara saudaranya tiba sementara saudari mereka telah melahirkan seorang bayi akhir perbuatanmu? Apa yang hendak engkau lakukan? Tentu saja saya tak berani menjamin dirimu, bahwa nama baiknya akan tercemar, atau mereka akan mencemarkan nama baikmu. Karena itu hampirilah bayi itu, bunuhlah dia, kemudian kuburkan mayatnya. Gadis itu akan merahasiakannya alasannya yaitu takut andaikan saudara saudaranya tahu apa yang telah engkau perbuat terhadap dirinya."

Maka hebat ibadah itu melaksanakan apa yang dianjurkan Iblis. Lalu Iblis berkata lagi, "Apakah berdasarkan pendapatmu perempuan itu akan menyembunyikan kepada saudara saudaranya apa yang telah engkau perbuat terhadap dirinya dan anaknya? Ambillah perempuan itu, bunuhlah beliau dan kubur bersama anaknya!"

Ahli ibadah benar benar mengikuti tawaran Iblis, membunuh dan mengubur gadis itu bersama anaknya. Dia juga membuat sebuah lubang dan meletakkan sebuah kerikil besar diatasnya sesudah meratakan tanahnya. Setelah itu ia naik ke lantai atas biaranya untuk beribadah disana. Tidak berapa usang berselang menyerupai yang dikehendaki Allah, saudara saudara sang gadis tiba dari peperangan, kemudian mereka mendatangi biara dan menanyakan saudari mereka. Ahli ibadah menangis dan memperlihatkan belas kasihannya terhadap saudari mereka seraya berkata, "Dia yaitu seorang perempuan yang paling baik. Itu yaitu kuburannya. Lihatlah!"

Mereka mendatangi kuburan saudari mereka dan menangis disana sebagai luapan kasih sayang mereka. Beberapa hari mereka berada di kuburan itu kemudian mereka pulang ke rumah.

Pada malam harinya dan sesudah mereka tidur, setan mendatangi mereka lewat mimpi. Setan muncul dalam rupa seorang musafir. Pertama kali ia tiba dalam mimpi salah seorang di antara mereka yang paling tua. Setan bertanya perihal nasib saudarinya. Orang itu menjawab menyerupai apa yang dikatakan hebat ibadah, bagaimana kematiannya dan bagaimana kasih sayang yang ditunjukkannya terhadap saudarinya itu. Bahkan hebat ibadah itu juga memperlihatkan kuburannya. Namun setan menyangkal semua itu seraya berkata, "Ahli ibadah itu tidak berkata jujur perihal saudari kalian. Saudari kalian itu telah hamil dan melahirkan bayi alasannya yaitu perbuatan hebat ibadah, kemudian beliau membunuh saudari kalian dan menguburnya di balik pintu sebelah kanan di bilik yang ditempati saudari kalian. Pergilah kesana dan buktikan sendiri, tentu kalian akan mendapat apa yang kukatakan ini."

Lalu Iblis mendatangi dua saudaranya yang lain dan menyampaikan hal yang sama. Ketika sudah berdiri mereka merasa heran dengan mimpi yang mereka alami dan mereka semakin heran ketika mereka memberi tahu perihal mimpi mereka masing masing.

"Ini hanya sekedar mimpi, kalian tak perlu memperdulikannya" kata yang paling bau tanah .

Yang paling muda berkata, "Demi Allah saya tidak akan surut sebelum mendatangi daerah itu dan memeriksanya."

Akhirnya mereka bertiga setuju untuk mendatangi bilik yang dulu ditempati saudarinya. Mereka membuka pintu dan mencari cari daerah menyerupai yang diberitahukan kepada mereka lewat mimpi. Ternyata benar, saudari mereka dan anaknya terkubur di daerah itu. Mereka menemui hebat ibadah dan menanyakan perihal nasib saudari mereka dan tak ada pilihan lain bagi hebat ibadah selain mengakuinya alasannya yaitu godaan setan. Mereka pun menurunkan hebat ibadah dari biaranya dan siap untuk di salib. Tatkala hebat ibadah itu sedang diikat di papan, setan menemuinya seraya berkata, "Tentunya engkau sudah tahu bahwa sebetulnya akulah yang telah menggodamu dengan kehadiran perempuan itu, kemudian engkau membuatnya hamil, kemudian engkau membunuhnya dan anaknya. Jika pada dikala ini engkau tunduk kepadaku dan kufur kepada Allah yang telah menciptakanmu dan membentuk dirimu, tentu engkau akan selamat dari keadaan yang akan menimpamu ini.."

Maka hebat ibadah itu menyatakan kufur kepada Allah. Namun kemudian setan meninggalkannya begitu saja dan membiarkan orang orang menyalibnya. Karena kejadian inilah Allah menurunkan ayat, surah Al Hasyr : 16.

كَمَثَلِ الشَّيْطَانِ إِذْ قَالَ لِلإنْسَانِ اكْفُرْ فَلَمَّا كَفَرَ قَالَ إِنِّي بَرِيءٌ مِنْكَ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ رَبَّ الْعَالَمِينَ

"(Bujukan orang-orang munafik itu adalah) menyerupai (bujukan) setan ketika beliau berkata kepada manusia: 'Kafirlah kamu', maka tatkala insan itu telah kafir, maka ia berkata: 'Sesungguhnya saya berlepas diri dari kamu, alasannya yaitu sesungguhnya saya takut kepada Allah, Rabb semesta Alam'."

Sungguh benar perkataan Al Haasan bin Shalih yang menyampaikan "Sesungguhnya setan benar-benar akan membukakan 99 pintu kebaikan bagi seorang hamba, untuk tujuan membuka satu pintu keburukan."

Nabi shalallahu 'alayhi wasallam bersabda:

"Tidaklah saya tinggalkan setelahku suatu fitnah yang lebih berbahaya bagi laki laki (melainkan fitnah yang tiba dari) wanita." Dikeluarkan oleh Bukhari (9/5096); Muslim (4/2097), Ibnu Majah (3998) dan At-Tirmidzi (2780) dan beliau berkata: "Hadits Hasan Shahih"

Sumber: dari buku "Perangkap Setan" karya Ibnul Jauzy penerbit Al Kautsar.


Sumber https://seribusatukisahislami.blogspot.com/

Posting Komentar untuk "Setan Menjerumuskan Mahir Ibadah Itu Dengan Wanita"